Selamat Datang di Blog Kobong Sastra Cipasung

Share |

Puisi Choer Afandi

Problem

Ada suatu lemah
Dari zaman sepanjang zaman
Lupa terlupakan

Manusia tidaklah puas
Dalam satu keadaan
Tidak ada diam dalam keinginan

Lepaskan roh dari tubuh
Barulah kaku dan terdiam
Manusia hanyalah sebuah koleksi

Seperti koleksi dimiliki manusia
Tuhan beri nikmat dan akal
Yang terlena lupa

Setelah bersumpah pada Tuhan

***

Sakit Gigi

Sakit gigi
Senut-senut
Meluapkan problem hidup
Terbuai letupan nyeri kecut

Sakit gigi
Oh senut-senut

***

Tanya

Gelisah dan pasrah
Berguling-guling
Bersama reruntuhan udara di kolong zaman

Aku letakkan tangan di perutmu
Aku bertanya
Dari gerak di rahimmu

Aku termangu
Mendengar detak jantungmu
Menanti kehadiran anakku

***

Dunia

Dunia adalah bangunan kropos
Membosankan ; datang lalu pergi
Disukai kemudian dibenci

Pandanglah fananya diri
Masa bayi menjadi remaja
Masa remaja berubah tua

Rambut putih
Kulit keriput
Gigi ompong
Mata rabun

Tubuh kokoh menjadi lemah
Kemudian musnah

Kemulian dunia adalah fana
Singgah pada hamparan jiwa
Mendakilah kau bukit dan lembah hina

***


Dua Kata


Aku tulis bahagia, aku ucap
Ingin aku terbangkan
Sekuat tenaga teriakkan
Sampai telinga dunia membusuk

Aku tulis derita, aku rasa
Ingin aku membatu
Seribu kata derita terpendam
Dalam untaian air mata luka

Adalah dua kata derita bahagia
Ingin aku pasrahkan
Pada kehendakMu
Sampai tanah aku berpijak, mencumbu

***
Prev Next Next
 

Copyright @ 2011 By. KSC